Sabtu, 10 November 2018

Yuk Pahami Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler Supaya Pembelian Anda Tak Sia-sia


Bagi Anda yang sangat concern dengan pengeluaran, maka pastinya proses pembelian yang tepat akan selalu menjadi tujuan. Sebab bila pembelian tidak tepat atau tidak sesuai, maka tentu akan membuat pembelian jadi sia-sia. Ketika pembelian sudah sia-sia maka Anda akan merugi karena pengeluaran yang tidak efektif. Nah pengeluran yang juga penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi hal yang percuma adalah pembelian produk pendingin ruangan. Produk pendingin ruangan yang paling populer saat ini sendiri adalah air conditioner dan air cooler. Agar Anda tidak mengalami kerugian dalam pembelian produk pendingin ruangan ini maka sudah seharusnya Anda memahami dengan baik perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Kita mulai saja pembahasan perbedaan air cooler dan air conditioner ini dari produk Air Conditioner atau sering dikenal dengan nama AC. Produk yang sangat populer dan banyak dicari publik ini merupakan perangkat elektronik yang mampu membuat suhu ruangan seketika menjadi dingin. Kemampuan air conditioner untuk membuat ruangan lebih cepat dingin ini dikarenakan adanya sistem kerja yang rumit pada AC. Mekanisme kerja AC ini dimulai dari penyerapan atau penyedotan udara panas oleh kipas. Kemudian udara panas yang telah diserap diarahkan ke kumparan yang memiliki beberapa senyawa seperti hidroklorofluorkarbon (HCFC), klorofluorkarbon (CFC) dan perfluorokarbon (FC). Senyawa-senyawa inilah yang membuat air conditioner mampu mengubah udara panas menjadi udara dingin melalui proses konversi berwujud kondensasi. 

Ketika udara dingin sudah dihasilkan maka udara akan dihembuskan ke ruangan hingga membuat temperatur turun.
Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari air conditioner, yakni :
    Menurunkan suhu udara yang panas dengan lebih cepat.
    Menghadirkan udara dingin yang berkualitas.
    Tidak terpengaruh oleh kelembaban meski digunakan terus-menerus di ruang tertutup.
    Tidak harus mengisi air dingin ke tangki seperti pada produk air cooler.
Air Conditioner atau AC memang sangat efektif untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Tapi ternyata ada beberapa kekurangan yang ada pada perangkat elektronik ini. Berikut ini beberapa kekurangan air conditioner tersebut :
    Budget untuk membelinya terbilang besar karena harganya yang mahal.
    Lebih banyak mengkonsumsi listrik sehingga dapat membuat tagihan bulanan membengkak.
    Butuh perawatan khusus oleh jasa ahli service AC.
    Tidak mudah untuk dipindah-pindahkan jika sudah ditempatkan pada satu ruang. 

Setelah membahas air conditioner, mari kita beralih ke air cooler yang juga mulai marak diminati konsumen. Walau bernama air cooler, tapi secara konsep dan cara kerjanya, produk ini hanya mampu menyejukkan udara dengan cara meningkatkan kelembaban. Cara air cooler meningkatkan kelembaban ini adalah dengan memanfaatkan air dingin yang ada pada tangki. Jadi air dingin yang ada pada tangki ini akan diproses dan diubah menjadi uap untuk kemudian disebarkan ke ruangan.
Lalu apa kelebihan air cooler ini? Berikut beberapa kelebihan yang ada pada produk perangkat pendingin ini :
    Untuk membelinya, Anda tak perlu mengeluarkan dana besar, karena harganya yang terjangkau.
    Tagihan listriknya tidak akan membuat Anda pusing karena konsumsi listrik air cooler terbilang hemat.
    Mudah untuk Anda rawat sendiri sehingga tidak membutuhkan biaya service.
    Untuk dipindah-pindahkan terbilang mudah dan gampang
Seperti juga air conditioner, produk air cooler juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan. Nah berikut ini adalah beberapa kekurangan air cooler, yaitu :
    Untuk mendinginkan ruangan yang panas terbilang lama dibanding AC.
    Bergantung pada ruangan terbuka dengan sirkulasi yang baik bila tidak ingin muncul efek buruk dari meningkatnya kelembaban.
    Harus selalu mengontrol keberadaan dan persediaan air dingin di tangki.
    Dapat menimbulkan penyakit bila efek kelembabannya dibiarkan terus-menerus di ruang tertutup. 

Itulah beberapa informasi dan penjelasan mengenai perbedaan AC dan air cooler. Dari sini semoga Anda semakin tercerahkan dan bisa membuat Anda memahami bedanya air cooler dan air conditioner. Sebab bila Anda sudah memahami perbedaan air cooler vs air conditioner, Anda akan lebih mudah untuk menentukan atau memilih produk yang tepat. Jika Anda sudah bisa menentukan produk yang tepat, maka Anda pun akan bisa terhindar dari kerugian akibat pembelian yang salah.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.